Tuesday, June 7, 2016

Cara Pengisian Data Produk

Data Produk ada 2 jenis yaitu produk barang dan produk jasa. Produk Jasa contohnya jasa servis seperti di Bengkel atau bisa juga di tempat lain yang menyediakan produk berupa jasa.

Pengisian Data Produk (Tambah Barang) --> Pilih Kategori, isi Nama Produk, Kode Produk (Jika barang tersebut ada barcodenya maka diisi dengan kode barcodenya, atau jika tidak ada isi dengan singkatan. Sebaiknya singkatan dibuat berdasarkan nama produk untuk memudahkan menghafal kode produk tersebut. Kode produk ini digunakan untuk memudahkan pencarian secara cepat data produk), Satuan (pcs/kg/ltr/dus), Berat Produk Per Unit (gr), Harga Dasar dan Harga Jualnya, selanjutnya Simpan.

Pengisian Data Produk (Tambah Jasa) --> Pilih Kategori, isi Nama Jasa, Kode Jasa, Satuan (jasa/servis/pasang), Harga Jasa, selanjutnya Simpan.
Silakan lihat contoh gambar di bawah ini!


Untuk Menambahkan Gambar Produk --> klik pada nama produk --> pilih Gambar Produk --> masukan gambar --> Upload
Menambahkan Data Produk juga dapat Anda lakukan dengan menggunakan Komputer. Akseskan terlebih dahulu Aplikasi KasirToko portable ke Komputer/Laptop Anda.

Cara menambahkan data produk sebagai berikut
Dengan Cara IMPORT dari EXCEL
Untuk Import produk dari file excel anda harus melakukan Export terlebih dahulu. Selanjutnya file excel hasil Export edit dengan mengisi data produk-produk anda, dan isilah semua kolom dengan benar, jangan ada yang kosong. ID produk dapat diisi 1 huruf nanti sistem otomatis membuat ID produk. Format file excel adalah XLS.
Setelah selesai bisa disave dulu file excelnya, selanjutnya pilih Import dari Excel lalu klik browse dan pilih file excel yang telah diisi data produk.
Jika produknya sangat banyak sebaiknya lakukan secara bertahap misal per 100 produk, tetapi jangan menghilangkan header keterangan dari tabel pada file excel.

Catatan: Proses Import hanya boleh dilakukan pada awal input data produk agar tidak terjadi error atau salah penjumlahan dari laporan keuangan.

Lihat contoh gambar di bawah !
Tampilan Proses Export ke Excel

Tampilan Menambahkan Data Produk di Excel dan Hasil Importnya

6 comments:

  1. Halo GentaTekno, aku udah coba cara begini tp koq data produk ku belum ada juga yah di sistem? Walaupun udah ada notifikasi (impor data berhasil). Makasih

    ReplyDelete
  2. cara dapetin ID produk dari excel gimana ya?? trima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  3. Kenapa harga barang berubah tidak seperti/ sesuai dengan harga yang dibuat di data prodak

    ReplyDelete
  4. dalam input data tidak ada opsi upload gambar, meskipun lewat produk online juga tdk bisa uoload gambar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kita juga mengalami kendala yang sama

      Delete
  5. permisi kenapa tidak bisa import via excel ya?

    ReplyDelete